Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya selalu berusaha untuk mengembangkan usahanya dengan berbagai cara, yaitu salah satunya dengan membuka cabang di berbagai tempat dan selalu berusaha meningkatkan penjualannya. Adapun beberapa alternatif untuk melakukan perluasan atau expansi bisnis adalah dengan bergabung dengan perusahaan lain atau membeli perusahaan lainnya yang sejenis maupun berbeda bisnis. Tujuan dari penggabungan atau membeli perusahaan sejenis selain untuk tujuan perluasan adalah untuk mencapai efisiensi bisnis, menjadikannya lebih kompetitif,
serta tentunya untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan. Perluasan bisnis dapat dilakukan dalam beberapa metode, yaitu sebagai berikut : 1. Merger Atau Penggabungan Merger adalah penggabungan dari dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yang terpadu. Perusahaan yang dominan dibanding dengan perusahaan yang lain akan tetap mempertahankan identitasnya, sedangkan yang lemah akan mengaburkan identitas yang dimilikinya. jenis-jenis merger : o Merger Vertikal. Perusahaan masih dalam satu industri tetapi beda level atau tingkat operasional. Contoh : Restoran cepat saji menggabungkan diri dengan perusahaan peternakan ayam. o Merger Horisontal Perusahaan dalam satu industri membeli perusahaan di level operasi yang sama. Contoh : pabrik komputer gabung dengan pabrik komputer. o Merger Konglomerasi Tidak ada hubungan industri pada perusahaan yang diakuisisi. Bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan dari berbagai sumber atau unit bisnis. Contoh : perusahaan pengobatan alternatif bergabung dengan perusahaan operator telepon seluler nirkabel. 2. Akuisisi Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. Contoh : Aqua diakuisisi oleh Danone, Pizza Hut oleh Coca-Cola, dan lain-lain. 3. Hostile Take Over atau Pengambil Alihan Secara Paksa Hostile take over adalah suatu tindakan akuisisi yang dilakukan secara paksa yang biasanya dilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar. Pengambilalihan secara paksa biasanya diikuti oleh pemecatan karyawan dan manajer untuk diganti orang baru untuk melakukan efisiensi pada operasional perusahaan. 4. Leverage Buyout Leverage buy out adalah teknik pengusaan perusahaan dengan metode pinjaman atau utang yang digunakan pihak manajemen untuk membeli perusahaan lain. Terkadang suatu perusahaan target dapat dimiliki tanpa modal awal yang besar. Perluasan usaha adalah bagian dari strategi bisnis untuk itu diperlukan analisis usaha yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Analisis industri diperlukan dalam merencanakan bisnis strategi, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah lingkungan umum. Komponen dalam lingkungan umum dalam analisis industri adalah terdiri dari : a. Industry environment i. Demographic ii. Economic iii. sociocultural b. Competitive environment i. Political/legal ii. Technological iii. Global
serta tentunya untuk meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan. Perluasan bisnis dapat dilakukan dalam beberapa metode, yaitu sebagai berikut : 1. Merger Atau Penggabungan Merger adalah penggabungan dari dua atau lebih perusahaan menjadi satu kesatuan yang terpadu. Perusahaan yang dominan dibanding dengan perusahaan yang lain akan tetap mempertahankan identitasnya, sedangkan yang lemah akan mengaburkan identitas yang dimilikinya. jenis-jenis merger : o Merger Vertikal. Perusahaan masih dalam satu industri tetapi beda level atau tingkat operasional. Contoh : Restoran cepat saji menggabungkan diri dengan perusahaan peternakan ayam. o Merger Horisontal Perusahaan dalam satu industri membeli perusahaan di level operasi yang sama. Contoh : pabrik komputer gabung dengan pabrik komputer. o Merger Konglomerasi Tidak ada hubungan industri pada perusahaan yang diakuisisi. Bertujuan untuk meningkatkan profit perusahaan dari berbagai sumber atau unit bisnis. Contoh : perusahaan pengobatan alternatif bergabung dengan perusahaan operator telepon seluler nirkabel. 2. Akuisisi Akuisisi adalah pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain atau oleh kelompok investor. Akuisisi sering digunakan untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan baku atau jaminan produk akan diserap oleh pasar. Contoh : Aqua diakuisisi oleh Danone, Pizza Hut oleh Coca-Cola, dan lain-lain. 3. Hostile Take Over atau Pengambil Alihan Secara Paksa Hostile take over adalah suatu tindakan akuisisi yang dilakukan secara paksa yang biasanya dilakukan dengan cara membuka penawaran atas saham perusahaan yang ingin dikuasai di pasar modal dengan harga di atas harga pasar. Pengambilalihan secara paksa biasanya diikuti oleh pemecatan karyawan dan manajer untuk diganti orang baru untuk melakukan efisiensi pada operasional perusahaan. 4. Leverage Buyout Leverage buy out adalah teknik pengusaan perusahaan dengan metode pinjaman atau utang yang digunakan pihak manajemen untuk membeli perusahaan lain. Terkadang suatu perusahaan target dapat dimiliki tanpa modal awal yang besar. Perluasan usaha adalah bagian dari strategi bisnis untuk itu diperlukan analisis usaha yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Analisis industri diperlukan dalam merencanakan bisnis strategi, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah lingkungan umum. Komponen dalam lingkungan umum dalam analisis industri adalah terdiri dari : a. Industry environment i. Demographic ii. Economic iii. sociocultural b. Competitive environment i. Political/legal ii. Technological iii. Global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar