Kemampuan Sukses Mandiri

by Tanadi Santoso

Ada sebuah cerita mengenaskan yang pernah saya dengar. Waktu terjadi kerusuhan Mei di Jakarta beberapa waktu lalu, ada sebuah keluarga yang habis segala harta bendanya. Rumahnya terbakar, gudangnya, mobilnya dan semuanya terbakar. Segala aset yang dimiliki mereka habis seakan ditelan bumi.

Lalu keluarga itu hijrah ke Amerika. Di sana keluarga itu - yang asalnya kaya - harus bekerja keras. Ayahnya bekerja keras di sebuah perusahaan. Ibunya bekerja keras. Dan anaknya demikian juga, bekerja keras untuk menopang kehidupan di sana.

Mendengar cerita itu, saya tersentak dan berpikir. Bilamana Anda atau saya kehilangan semua kekayaan kita - kehilangan uang kita, rumah kita, mobil kita dan semua yang menjadi aset kita - maka pertanyaannya adalah apakah Anda dapat bertahan ? Apakah Anda dapat tumbuh lagi ? Apakah Anda dapat membangun lagi sebuah kehidupan yang layak ?

Sebuah pertanyaan menarik. Karenanya untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus tahu kemampuan kita apa - 'capability' kita untuk melakukan sesuatu. Kita jangan hanya menggantungkan aset yang kita miliki. "Toh orang tua saya kaya," "Toh kakak saya kaya," atau "Toh kita sudah kaya."

Tetapi bagaimanapun - kita berpikir bahwa di luar hal-hal material yang sudah kita punya ini -, sebenarnya kemampuan dan kekuatan untuk membangun lagi bila sampai terjadi sesuatu adalah sesuatu yang penting harus kita punya. Kita harus mempunyai keyakinan dan mengecek kembali di dalam diri kita sendiri, apakah kita mempunyai kemampuan itu ? Karena sebenarnya kekayaan itu dapat hilang setiap saat.

Kalau yang ada dalam kita adalah adanya sebuah kemampuan untuk membangun kembali apapun yang kita punya, maka kita hidup lebih senang. Karena apa yang kita miliki sudah ada di dalam kita sendiri. Dan bukan karena kita memiliki aset yang besar, yang bisa kapan pun akan hilang.

Tidak ada komentar: