Nyawa Baterai Laptop Bisa Tahan Hingga 40 Jam!

Fransiska Ari Wahyu - detikinet
Selama ini baterai perangkat komputer portable hanya mampu menyuplai energi selama beberapa jam. Mantan Chief Technology Officer (CTO) OLPC, Mary Lou Jepsen mengembangkan teknologi yang mampu meningkatkan daya tahan baterai hingga 40 jam.
Dikutip detikINET dari Softpedia, Sabtu (29/11/2008), Jepsen dan perusahaannya, Pixel Qi, berencana memasarkan layar hemat energi yang didesain untuk laptop dan e-book pada
pertengahan kedua tahun 2009. Layar ini mampu menahan terpaan sinar matahari secara langsung, dan memiliki color mode kualitas HDTV.

Dengan demikian, ada beberapa keuntungan yang dapat dipetik user, yakni mendapatkan display yang lebih berkualitas, serta baterai yang lebih bertenaga.
Pengembangan teknologi layar yang lebih efisien ini merupakan kritik bagi perangkat mobile seperti laptop dan e-book yang pada umumnya memiliki layar yang "rakus" energi.
"Kami sedang bekerja sama dengan sejumlah produsen notebook dan e-book. Kami dapat meningkatkan daya tahan baterai 5-10 kali baterai biasa, sehingga baterai dapat bertahan selama 20-40 jam. Tentunya ini lebih baik daripada kita harus mengisi ulang baterai setiap beberapa jam sekali," tandas Jepsen. ( faw / wsh )

Tidak ada komentar: